Cool Blue Outer Glow Pointer The V'white Blue: Cara merubah kaset tape menjadi lagu MP3

Selasa, 04 Desember 2012

0 Cara merubah kaset tape menjadi lagu MP3

Thread ini mungkin salah satu trik klasik yg ane doyan. Agan punya banyak koleksi kaset pita lama agan yg sayang u/ dibuang? Agan mau nostalgia lagi dgn mendengarkan koleksi kaset agan tsb di laptop agan? Ane coba bagi cara mengubahnya jadi MP3 cuma dgn 5 langkah.



Apa Yang Agan Mesti Adakan:



A. HARDWARE

1. Komputer/laptop yg dilengkapi sound card.

Periksa apakah PC agan dilengkapi dengan jack LINE IN (biasanya berwarna biru), dan pastikan agan sudah menginstal driver terbaru untuk sound card agan.








2. Tape Deck/Tape kaset.

Ini yg agan nanti pakai untuk memutar kaset pita agan. Agan bisa menggunakan amplifier atau receiver yg tersambung ke tape-deck agan untuk memperbesar suara kaset agan. Apapun yg agan pakai, prinsipnya sumber audio agan nantinya mesti memiliki jack LINE OUT RCA (disarankan) atau paling tidak jack headphone mini-stereo.

Bersihkan head dan roller tape deck audio agan dengan kapas yg dibasahi alkohol. Coba putar forward dan rewind kaset agan tsb untuk menghilangkan sisa2 debu & pastikan suaranya halus.







3. Kabel Penyambung Audio.


Salah satu ujung kabel agan mesti berbentuk mini-stereo sedangkan ujung kabel lainnya bisa RCA atau bisa kabel mini-stereo. Lebih bagus kalau jenis yang agan pakai kabel gold-plated.







B. SOFTWARE

1. Download dan instal Audacity 1.3 (Beta). Ane saranin pake Audacity yg versi Beta karena fitur ‘Noise Removal’-nya lebih bagus.

2. Download dan instal Lame 3.98.3 for Audacity on Windows. Tool ini nanti kita pakai untuk mengekspor ke format MP3.

Agan tidak perlu mengubah path instalasi kedua program diatas (C:\Program Files\Audacity 1.3 Beta (Unicode)) dan (C:\Program Files\Lame For Audacity).


C. LANGKAHNYA:



Langkah 1: Sambungkan Hardware

Sambungkan jack LINE OUT atau PHONES dari tape-deck agan ke jack LINE IN komputer agan dengan kabel audio.




Langkah 2: Setting Audacity

Jalankan Audacity, pilih Edit -> Preferences. Pada bagian Audio I/O, atur device untuk playback dan recording agan menjadi device sound card kabel audio agan. Jangan pilih Microsoft Sound Mapper jika agan pake Windows.







Jalankan playback audio source agan lalu atur level volume-nya di Audacity. Klik tombol panah bawah disebelah icon microphone lalu pilih Start Monitoring.








Saat playback memutar pada bagian paling keras dari audio agan, atur slider level input di toolbar Mixer agar tidak mencapai nilai maksimal dari tanda meter-nya yg berwarna merah disebelah kanan. Jika ada bagian track audio agan yg sampai level maksimal, turunkan level input-nya untuk menghindari distorsi.







Langkah 3: Merekam

Dari Audacity, lalu klik File -> Save Project As untuk membuat project agan. Klik tombol Record untuk mulai merekam track audio agan dan jalankan playback-nya. Gunakan tombol biru Pause yg berada diantara track. Tekan tombol kuning Stop lalu Save project agan dengan mengklik File -> Save Project.








Langkah 4: Mengedit

Jika proses perekaman agan sudah selesai dan ada bagian dari track audio agan berupa suara/noise yang tidak diinginkan, seperti bunyi background audio mendehem, suara hiss pada tape, atau bunyi klik ketika agan menekan tombol Play pada tapedeck agan, agan perlu menghapusnya. Cara menghilangkannya, pilih bagian dimana suara/bunyi yg ingin dihapus muncul dengan mengklik-seret-nya di bagian awal track.

Pilih Effect -> Noise Removal lalu klik Get Noise Profile.








Setelah itu, pilih keseluruhan track agan dengan menekan Edit -> Select -> All (Ctrl+A)







lalu pilih ulang lagi Effect -> Noise Removal. Atur slider Noise Reduction (dB) sampai menjadi sekitar 10 sampai 20 Db tergantung level noise pada track agan. Atur juga kedua slider lainnya di tengah lalu klik OK. Agan bisa mendengarkan hasilnya dengan menekan tombol playback, pilih Edit -> Undo jika ingin mengulang setting-nya dan jika agan belum puas dgn hasilnya, coba atur ulang setting sample noise dan level slider sampai sesuai hasil yg agan maui.








Kalau agan menggunakan media vinyl, agan bisa mencoba tool Effect -> Click Removal untuk menghapus bunyi ‘klik’ yang tidak diinginkan. Agan bebas bereksperimen untuk mendapatkan hasil suara yang agan inginkan. Kalau semua sudah beres, klik File -> Save Project untuk menyimpan project agan.








Langkah 5: Mengekspor

Untuk mengekspor hasil file audio agan, pilih File -> Export As.

Jika agan ingin mengekspor file lagu/track yang jumlahnya banyak, pastikan semua lagu agan tsb sudah agan rekam, klik tombol Skip to Start lalu klik pilih Tracks -> Add Label at Selection (Ctrl+B). Beri nama untuk track pertama agan. Jumlah icon ‘kotak’ atau ‘balon’ menandakan jumlah file audio agan. Untuk track sisanya: klik bagian awal dari track kedua agan lalu klik tombol Zoom In. Pilih Tracks -> Add Label at Selection lalu beri nama untuk lagu agan tsb.








Ulangi langkah tsb dengan tool Zoom In & Zoom Out untuk memberi nama lagu agan yg tersisa.



Pilih File -> Export Multiple lalu pilih format MP3 Files dibagian Export-nya. Karena agan sudah menginstal Lame Encoder maka preset yg digunakan Audacity untuk format MP3 otomatis adalah encoder Lame tsb. Klik tombol Options jika agan ingin merubah kualitas MP3-nya nanti. Makin tinggi kualitas MP3 yg agan ingin ekspor maka makin besar juga ukuran file-nya nanti. Agan bisa mengetes ulang hasil ekspor filenya dengan preset yg berbeda-beda jika agan belum puas dengan hasilnya. Agan juga bisa mengisi tag metadata file2 MP3 agan tsb agar mudah diatur nantinya.








Selesai!! Sekarang agan sudah bisa mendengarkan koleksi lagu lama agan dari laptop/PC atau mungkin agan mau menghadiahkannya kepada kakek/nenek agan untuk nostalgia. Jika agan punya trik atau tool yang juga bisa digunakan untuk trik mengubah kaset menjadi MP3 seperti ini, mohon dibagi di thread ane ini.

Posting Komentar

google translate

English

Total Pageviews

 

Followers

Jadwal Waktu Sholat

Calendar

Visitors

Flag Counter

Popular Posts